Senin, 05 Januari 2009

INDONESIA ada di BALI ???????

Om Swasyastu,

Bagi kita warga negara Indonesia, jelas judul di atas adalah SALAH BESAR!!!! Namun bagi beberapa warga negara asing, khususnya orang-orang yang senang berwisata, menikmati budaya dna keindahan alam di seluruh dunia apa yang dikemukakan dalam judul di atas pernah ada dalam pikiran mereka kalau saja mereka tidak pernah menanyakan sebenarnya Bali itu dimana sih?

Pernah dulu waktu saya masih SD, guru saya pernah bilang bahwa ada seorang guide dari Bali yang sering ditanya oleh Touris / wisatawan asing, pertanyaannya seperti ini "Indonesia itu di sebelah mananya Bali ya?". Wah saya jadi ketawa dalam hati, masak sich Indonesia ada di sebelah Barat Bali.......ha.ha.ha.ha. Tapi walaupun demikian, memang itulah yang terjadi.

Ada sebuah cerita menarik yang pernah saya alami sendiri. Waktu itu karena saya liburan sekolah di Bandung, saya memutuskan untuk pulang ke Bali dengan menumpang sebuah bus. Pada saat bus akan berangkat, ada orang asing yang menyetop bus dan langsung naik bus, katanya mau berangkat ke Bali juga. Lalu orang asing tersebut menengok ke sana-ke sini mencari kursi kosong, kebetulan waktu itu saya duduk di depan dan di samping saya kosong, maka akhirnya orang asing itu duduk di samping saya. Dan bus pun berangkat.

Untuk beberapa lama saya hanya diam saja, karena maklum bahasa Inggris saya gak begitu bagus, dan saya jadi ragu-ragu untuk ngobrol dengan orang asing itu. Tapi akhirnya saya memberanikan menyapanya dengan ucapan "Hi", dan dia juga menjawabnya. Dengan perbendaharaan kata yang kurang saya coba merangkai-rangkai kalimat bahasa Inggris, walaupun demikian kami saling mengerti apa yang sedang kami bicarakan. Sampai akhirnya saya tahu bahwa orang asing itu berasal dari Jerman (maaf nama orang asing itu saya lupa karena kejadiannya sudah lama). Katanya dia baru paginya sampai di Jakarta (bandara udara Soekarno Hatta) trus numpang bus ke Bandung (karena bus ke Bali semuanya sudah penuh), dan dari Bandung hendak meneruskan perjalanan ke Bali.

Terus saya tanya kenapa kok mau ke Bali, mister harus turun di Jakarta, bukankah bisa langsung ke Bandara Ngurah Rai Bali. Orang asing itu menjawab "Ya, saya kira Indonesia (Jakarta / Bandara Udara Soekarno Hatta) juga bagian dari BALI!, dan dengan turun di Jakarta berarti sudah ada di Bali!". Dalam hati terbersit suatu kebanggaan saya sebagai orang Bali, ternyata di negara asing, Bali lebih dikenal daripada Indonesia. Mungkin hal tersebut dikarenakan budaya, adat istiadat, dan obyek wisatanya yang selalu terjaga dari jaman dulu hingga sekarang.

Demikianlah seulas cerita tentang Bali, yang memulai blog ini. Bagi teman-teman yang ingin sharing tentang budaya bali, obyek wisata, sejarah, adat istiadat, dan lain sebagainya, ayo kita tuliskan pendapat kita dalam blog ini.

Om Shanti Shanti Shanti Om

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus