Minggu, 21 Februari 2010

FASILITAS HOTEL

ANDA BUTUH HOTEL DENGAN HARGA MURAH FASILITAS WAH ????





Pada dasarnya hotel menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan demi kenyamanan, keamanan dan kepuasan tamu hotel dan juga bagi mereka yang menggunakan fasilitas dan menerima pelayanan tersebut. Seperti diketahui, bahwa hotel tidak saja menyediakan akomodasi, tetapi juga makanan dan minuman, dan juga fasilitas serta pelayanan lainnya.
1. Fasilitas Pokok (Usaha Pokok)
a. Kamar Tidur (Bed Room)
Para petugas Kantor Depan (Receptionist dan Reservation Clerk) harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang kamar tidur yang akan disewakan seperti misalnya tentang tipe kamar tidur, harga sewa/tarif; sarana yang tersedia dan lokasi.
Kamar tidur hotel (Bed Room) dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori seperti:
1) Single Room, satu kamar tidur dengan dilengkapi satu single bed untuk satu orang.
2) Double Room, satu kamar tidur dengan dilengkapi satu double bed untuk dua orang.
3) Twin Room, satu kamar tidur dengan dilengkapi dua single bed yang terpisah masing-masing untuk satu orang dapat dihuni oleh dua orang.
4) Triple Room, bisa berupa Twin Room atau Double Room yang dapat dihuni oleh tiga orang dengan menambahkan satu extra tempat tidur.
5) Suite Room, pada umumnya suatu kamar tidur yang dilengkapi dengan sebuah double atau twin bed, ruang tamu dan dapur kecil.
Selain kategori tersebut di atas sesuai dengan sarana yang tersedia di kamar tidur dan pelayanan yang diberikan dikenal pula kategori lainnya seperti President Room, Royal Room dan lain sebagainya.

b. Rumah Makan (Restaurant)
Pada pokoknya, rumah makan adalah merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan-hidangan dan minuman untuk umum di tempat usahanya. Jadi dengan adanya fasilitas rumah makan, para tamu atau pengunjung lainnya dapat membeli atau menikmati makanan di tempat tersebut. Berpedoman pada sarana yang tersedia, jenis pelayanan, jenis makanan dan lain-lainnya, maka pada dasarnya restoran dapat dibedakan atas beberapa jenis.
1) Dining Room, merupakan suatu formal restaurant yang menjual berbagai jenis makanan dengan cara a la carte dan table d’hote menu. Peralatan mewah dan dekorasi lebih meriah merupakan ciri utama disamping cara penghidangan makanan a la Rusia atau Perancis.
2) Supper Club, merupakan restaurant yang khusus dibuka malam hari dengan dilengkapi berbagai hiburan dan tempat menari (berdansa), dan dengan menawarkan berbagai jenis makanan dalam a la carte menu.
3) Coffee Shop/Coffee House, merupakan informal restaurant dengan jenis makanan yang sederhana dan pelayanan yang cepat (America Service) dan biasanya dibuka selama 24 jam.
Selain ketiga jenis restoran di atas, dikenal juga “Speciality Restaurant” yang menjual makanan khusus dari negara atau daerah tertentu atau yang menggunakan cara memasak tertentu seperti Japanese Restaurant, Chinese Restaurant, French Restaurant, dan Grill Room.

c. Bar
Bar adalah merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menghidangkan minuman keras dan minuman lain untuk umum di tempat usahanya. Jadi dengan adanya fasilitas bar, para tamu dan pengunjung lainnya dapat membeli serta menikmati minuman di sana. Demikian pula halnya dengan Bar (Public Bar) dapat dibedakan kedalam beberapa jenis diantaranya:
1) Snack Bar, yang menawarkan jenis-jenis minuman yang sangat terbatas dan makanan kudapan (Snacks);
2) Coktail Bar, yang menawarkan berbagai jenis minuman Coctails dan diiringi alunan musik.
3) Nite Club, yang khusus dibuka malam hari dengan menawarkan berbagai minuman serta dilengkapi dengan hiburan (entertainment) dan fasilitas menari/berdansa (dance floor).

d. Room Service
Pada dasarnya, Room Service memberikan fasilitas dan pelayanan makanan dan minuman kepada para tamu hotel di kamar tidur. Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi para tamu yang tidak sempat atau berhalangan makan atau minum baik di restoran maupun di bar.

e. Special Functions
Fasilitas ini diperuntukkan dan sangat bermanfaat bagi para tamu yang hendak menyelenggarakan pertemuan/perjamuan khusus seperti andrawina (Banquet), Komperensi dan kegiatan lainnya.

2. Fasilitas Penunjang (Usaha Penunjang)
Fasilitas penunjang yang sangat erat kaitannya dengan kebutuhan para tamu seperti:
a. Laundry dan Dry Cleaning
b. Telephone, Telegram dan Faksimile
c. Tempat Penjualan Barang-barang, Surat Kabar & Majalah, bermacam-macam karcis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar